In The End – Linkin Park Sebagai Representasi Tantangan Terhadap Mukjizat Tuhan

Posted: October 26, 2011 in Uncategorized

Karena gw laki banget (?), kali ini gw mau bahas video klip-nya Linkin Park yang In The End ah~~.. Apa? Klasik? Emang! Tapi tau gak sih kalo makna dari video In The End Linkin Park itu manipulasi keimanan terhadap Tuhan? Buat yang rada lupa, atau belom lahir pas itu video keluar, atau bahkan buat makhluk planet lain yang dateng pas video itu gak diputer lagi.. nih coba tonton

Nah kalo lu perhatiin, video In The End jadi representasi kartu tarot Arcana Mayor yang The Tower dan The Moon. Dan ini Arcana The Tower dan The Moon yang di-representasiin lewat video In The End –>

The Tower

Kartu tarot The Tower didasarkan pada Menara Babel, menara yang dibangun untuk menantang Tuhan, dan kartu ini berarti bencana.

 

The Moon

Kalo liat kartu tarot The Moon, terdapat gambar makhluk laut yg muncul ke darat.. ini berarti manipulasi/ilusi atau penikaman dr belakang.

 

Nah lanjut ke video..  Adegan dibuka dimana vokalis keluar dari gerbang di atas menara. Pada menit ke 0:14, kamera terfokus pada Gargoyle/wajah setan, tapi yg kudu diperhatiin tuh bentuk gerbangnya: piramida tak sempurna! Kalo yang belum tau, liat dollar Amerika deh, terdapat lambang illuminati yaitu piramida gak sempurna dengan mata sebagai ujung piramida.

Oke gw lupa nama rapper-nya, adegan berlanjut ke rapper di tanah tandus, dimana ada semacem ikan paus terbang di sana di 0:24.  Ini jadi representasi kartu tarot The Moon tadi, makhluk laut yang termakan ilusi/termanipulasi utk hidup di darat. Makna manipulasi muncul lagi di menit ke 0:35 dimana Mike Shinoda seakan siap dijerat oleh tanaman yg terilusi utk hidup di tanah tandus.

Trus Pergeseran video dari 1:12 (adegan The Tower berwujud wanita) ke Mike Shinoda pada 1:18, nunjukkin tanaman tumbuh subur dr kakinya. Scene ini memiliki makna bahwa Babel si menara penantang Tuhan, dengan Mike agen dari Babel, mampu berkuasa layaknya Tuhan: nyipatin mukjizat. Anyway, Pernah main game PS2 judulny Okami? tiap dewa Amaterasu berjalan, ia menciptakan mukjizat dimana tanaman tumbuh subur dr kakinya. Percis

Lanjuuuut! Representasi Menara Babel makin terlihat di In The End pada menit ke 2:36, dimana petir/hujan menyambar ke menara. Pas banget penggambarannya dengan kartu tarot The Tower. Namun begitu, makna yang mengerikan ada di adegan 2:53 dimana Menara ini jadi “hidup” dan berdiri.

Kalo dalam cerita dan kartu tarot, Menara Babel runtuh disambar petir hukuman dr Tuhan.. nah menara di In The End malah berdiri! artinya? Artinya Linkin Park ingin memberitahu penikmat video mereka bahwa Menara Babel mereka gak bakal bisa diruntuhin oleh Tuhan sekalipun.

Dan video ditutup dengan adegan suburnya tanah tandus tadi seolah menjadi Taman Eden. Akhirnya keterkaitan antar tanda tadi menunjukkan mitos tersembunyi dari In The End: bahwa agama dan Tuhan itu ilusi dan manipulatif 😐

Comments
  1. www.ajay.com says:

    videoklip dari jaman gw SMP nihh..
    meskipun gw rada ga ngerti, tapi menurut gw, analisis lu mungkin aja menyimpan kebenaran..

  2. seniberpikir says:

    kayaknya ini terlalu jauh.

  3. menurut gw terlpas ada ursur pesan tersembunyi atau apalah namanya bagi gw vidio tsb pd zamanya memang beda dr vidio barat lainya agak fiksi tp benar2 gw bgt wkt itu dan untuk masa skg,masalah iman kita pulangin ke diri masing2 axa toh LP personal memang multi ras /kultur/juga agama jd kalo asumsi pny arti beda ya is ok lah,tp bagi gw tuh vidionya memang berkwalitas tinggi kok

  4. Dila says:

    Tetep ga ngerti….cuyyy

  5. ralat bro, rappernya namanya mike shinoda.

  6. kevin black september says:

    masak artinya smp segitunya sih kk,padahal ini kan lagu klo pas aku pengin nglupain mantan aku

  7. Lathifatul says:

    bagi ane ini lagu mengartikan hari kiamat yg dimana dajjal bisa menciptakan kesuburan di tanah yg telah ditanduskan oleh Allah..

Leave a comment